Senin, 12 Oktober 2009

GERAKAN BANDUL

Saya akan memberikan sedikit informasi mengenai penerapan turunan pada kehidupan sehari-hari, yaitu gerakan bandul

BANDUL
Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai hal-hal yang berhubungan dengan gerak , ada gerak yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatan tetap , ada gerak yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatan yang berubah dan ada juga yang lintasannya berupa garis lengkung . Semua contoh-contoh tersebut memiliki arti fisis yang berbeda-beda .
Salah satu contoh gerak yang lintasannya berupa garis lengkung adalah gerak pendulum . Gerak pendulum dapat digolongkan sebagai gerak harmonis karena benda bergerak bolak-balik disekitar titik kesetimbangan sehingga pola kurvanya berupa fungsi sinusoidal.Demikian juga dengan getaran pegas , pegas bergerak bolak-balik disekitar titik kesetimbangan yang pola kurvanya juga berupa fungsi sinusoidal.
Pemecahan Secara Numerik
Pemecahan persamaan numerik pada gerak , kita dapat melakukan simulasi yaitu menggunakan metode Runge – Kutta untuk memecahkan kumpulan dari persamaan deferensial biasa. methode runge kutta adalah methode integrasi numerik biasa dengan menggunakan langkah pengadilan pada tituk tengah suatu interval untuk membatalkan orde rendah kesalahan istilah. Dimana f , g adalah fungsi dari determinan dan dengan solusi turunan kedua pada persamaan diatas serta menggunakan Matematika program Algebra. Ini adalah cara yang tepat untuk menghubungkan metode Runge – Kutta pada persamaan numerik pada sistem.

1 komentar: